Admin (Info Dewasa)

Kondom Untuk Wanita Itu Perlu

Safe sex! Itulah yang menjadi slogan alat kontrasepsi satu ini. Selain untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan kondom juga efektif untuk mencegah penularan penyakit kelamin. Sebagai wanita, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa alasan tepat menggunakan kondom ini.

Dr. Nafsiah Mboi, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, dalam acara Pekan Kondom Nasional 2008 mengungkapkan setiap pasangan baik pria maupun wanita perlu memahami dan menyadari tentang penggunaan kondom sebagai alat kesehatan. Kondom juga sebetulnya tidak menghambat kenikmatan hubungan. Anda dan pasangan masih bisa, kok, mencapai kepuasan menggunakan kondom.


Meski penyebaran ‘sarung pengaman’ alias kondom secara gratis masih kontroversi, tak ada salahnya kita melihat keuntungan memakai kondom. Antara lain:
  1. Sebagai perlindungan. Jika dipakai secara benar dan konsisten kondom dapat memberi perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual, termasuk HIV/ AIDS.
  2. Keluarga berencana. Kondom juga bisa menjadi alternatif untuk merencanakan kehamilan Anda.
  3. Praktis. Kondom sangat mudah untuk dibawa kemana pun. Tinggal diselipkan saja dalam saku atau dompet.
  4. Aman dan bisa dipakai semua pria. Dengan bahan lateks yang aman, semua pria bisa menggunakannya tanpa efek samping. Tiap kondom yang ada dipasaransebelumnya harus melewati uji elektronis dan memenuhi Standar Mutu Internasional, ISO 4074.
  5. Membantu foreplay. Pemakaian kondom bisa Anda jadikan sebagai foreplay sebelum memulai hubungan.
  6. Banyak Pilihan. Kondom yang beredar dipasaran hadir dengan berbagai macam jenis dan banyak pilihan. Mulai dari rasa, warna hingga tekstur.
  7. Mudah didapat. dan harganya terjangkau. Kondom bisa didapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat. Harganya cukup cukup bervariasi, tinggal sesuaikan saja dengan kantong.
Kondom khusus wanita
Perlu diketahui, selain kondom untuk pria, ada baiknya kita juga berkenalan dengan kondom wanita. Tak hanya untuk kaum pria, saat ini, kondom juga dapat dijadikan salah satu pilihan sebagai alat kontrasepsi bagi wanita. Layaknya, kondom pria, kondom wanita juga berfungsi mencegah terjadinya kehamilan tidak direncanakan, dan melindungi dari penularan penyakit seksual.

Meski bentuk dan bahan dasarnya sama dengan kondom pria, lateks atau poliuretan, sehingga elastis dan fleksibel, ukuran kondom wanita lebih besar dibandingkan kondom pria. Ukuran panjangnya sekitar 17 cm, dan berdiameter 6-7cm, yang bisa disesuaikan dengan luas dinding vagina.

Kelebihannya, menurut penelitian di beberapa negara seperti Amerika, Jerman, Brasil, dan Afrika, kondom wanita lebih disukai karena bisa meningkatkan gairah. Konon, kondom ini lebih menimbulkan sensasi atau rangsangan, terutama pada kondom terbuat dari lateks memiliki busa pada bagian ujungnya. Hal ini diyakini mampu memuaskan wanita dan pasangan, dan sekaligus menjawab kekurangan kondom pria yang konon malah mengurangi sensasi.

Bahkan, efektitasnya lebih besar ketimbang kondom pria, meski belum bisa dibilang dijamin 100 %. Sayangnya, karena bentuknya yang kurang ’cantik’ dan cara pemakaiannya yang masih agak sulit masih membuat banyak wanita enggan memakainya.



Powered by Blogger