Admin (Info Dewasa)

Waspadai Runtuhnya Es Antartika di Masa Depan

Headline
Permukaan air laut di seluruh dunia akan naik 3,9 meter dalam kurun 1.000 tahun mendatang. Ini menyebabkan bencana runtuhnya lapisan es di Antartika Barat.
Meningkatnya permukaan laut disebabkan pemanasan global yang berdampak pada hancurnya lapisan es di Antartika pada tahun 3000. Prediksi itu merupakan skenario terbaik, dengan asumsi penggunaan bahan bakar fosil telah berhenti. Serta tak ada penambahan jumlah karbon dioksida di atmosfer.
Efek sebenarnya dari perubahan iklim mungkin jauh lebih buruk, ujar ilmuwan yang mempublikasikan studi mereka di jurnal Nature Geoscience. Ini merupakan studi pertama yang memprediksi kehidupan Bumi dalam waktu seribu tahun mendatang.
Pemimpin studi Profesor Shawn Marshall dari University of Calgary, Kanada, mengatakan lautan global dan bagian selatan bumi cenderung lebih lembab karena perubahan yang terjadi lebih lambat.
Ilmuwan melakukan simulasi komputer untuk mengetahui skenario nol-emisi mulai tahun 2010 hingga 2100. Daerah Bumi belahan utara bernasib baik dibandingkan selatan di mana perubahan iklim akan mengubah sebagian besar cuaca di berbagai negara, Kanada misalnya.
Selanjutnya, Afrika Utara akan berubah menajdi gurun dengan kuantitas tanah kering mencapai 30%. Pemanasan air laut juga meningkat hingga 5% sehingga memicu keruntuhan lapisan es di Antartika Barat dengan luas setara ukuran padang rumput Kanada.



Powered by Blogger