Admin (Info Dewasa)

Guru-Murid Dilarang Jadi Teman Facebook

Headline

Jika Anda seorang guru, mungkin khawatir nilai etis jika berteman dengan murid di media internet. Sebab itulah pemerintah Virginia, AS, melarang hubungan itu di Facebook.
Dewan Pendidikan Virginia membuat pedoman yang melarang interaksi guru dan siswa di jejaring sosial, permainan online dan pesan teks. Kecuali mereka melakukan hubungan itu melalui platform yang disediakan oleh sekolah.
Jika kebijakan yang diklaim Dewan sebagai cara meminimalisir kekhawatiran hubungan ilegal antara guru dan murid ini disahkan, maka muncul ketakutan di para pendidik. Ini dianggap mengganggu penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar di kelas.
Aturan itu menetapkan bahwa guru dan karyawan sekolah harus menolak atau mengabaikan permintaan teman dan undangan pribadi lainnya dari murid. Jika berada dalam keadaan darurat, guru diperkenankan menggunakan perangkat komunikasi atau akun lain untuk menghubungi murid secara pribadi.
Selanjutnya, interaksi tersebut harus dilaporkan kepada pihak berwenang.
Media ReadWriteWeb melaporkan bahwa seorang guru menentang kebijakan itu. Menurutnya, pemerintah harus percaya bahwa guru selalu menaati kode etik profesional terkait interaksi dengan murid.



Powered by Blogger