Admin (Info Dewasa)

Benarkah Usia Pengaruhi Gairah Bercinta ?

Seiring bertambahnya usia, perilaku seks wanita bisa berubah. Penuaan seringkali menjadi penyebab berkurangnya keinginan wanita untuk melakukan seks.

Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan mempertahankan gairah seksual. Berikut adalah sejumlah argumen yang menjelaskan hilangnya gairah bercinta di usia senja.

Perubahan Fisiologis
Pertambahan usia diiringi dengan perubahan fisiologis. Yang paling signifikan adalah menopause. Menurunnya hormon estrogen juga mempengaruhi hasrat seksualnya.

Memasuki masa menopause, wanita akan mengalami kekeringan vagina yang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan fisik saat berhubungan seksual. Kondisi ini yang seringkali membuat mereka menghindari hubungan seksual dengan pasangan.

Perubahan Psikologis
Perubahan fisik yang dialami sering bertambahnya usia ternyata juga mempengaruhi psikologis wanita tentang seks. Mereka sering merasa malu dengan keadaan tubuh yang tak seseksi kala masih muda.

Gangguan Seksual
Sebagian wanita mengalami kehilangan hasrat seksual berkepanjangan sehingga perlu bantuan konsultan media. Hypoactive Sexual Desire Disorder ini biasanya terjadi akibat pengaruh psikologis seperti stres.

Lantas, bagaimana mereduksi hilangnya gairah bercinta?

Komunikasi dan Stimulasi
Kunci kehidupan seks yang sehat adalah komunikasi dan stimulasi. Wanita tidak perlu merasa malu atau takut untuk berkomunikasi tentang kebutuhan dan keinginan mereka tentang seks, meski usianya tak lagi muda.

Wanita yang mengalami sakit saat penetrasi bisa mempertimbangkan penggunaan krim dan lubrications untuk mengurangi kekeringan vagina dan memberikan pengalaman lebih menyenangkan secara keseluruhan.

Gaya hidup sehat
Mempertahankan gairah seksual bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sejak dini. Berolahraga secara teratur tidak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga memperlancar aliran darah ke organ seksual yang berfungsi merangsang hasrat seksual.

Olahraga bisa mengurangi stres, yang berpengaruh pada libido. Menghentikan kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, alkohol dan penggunaan narkoba, pun dapat membantu membuat gairah seks tetap menggebu meski di usia senja.



Powered by Blogger