Admin (Info Dewasa)

Mengenal HIV/AIDS dan penularannya

 
HIV/AIDS, sobat pasti dah pada denger dengan istilah penyakit yang satu ini, apalagi ketenaran dan kehebohanya yang mengalahakan ketenaran blog keren ini, pasti sobat dah pada denger HIV/AIDS. Nah, lewat artikel ini saya tulis ulang berbagai data seputar virus mematikan ini.

Apa itu HIV dan AIDS?

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah nama untuk virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Di dalam tubuh manusia virus ini terus bertambah banyak hingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak sanggup lagi melawan virus yang masuk.
Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan berbagai gejala penyakit akibat turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus HIV tersebut. Infeksi virus HIV secara perlahan menyebabkan tubuh kehilangan kekebalannya oleh karenanya berbagai penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya penyakit-penyakit yang tadinya tidak berbahaya akan menjadi bahaya bagi tubuh.
slowly but deadly“, pelan tapi mematikan itulah julukan yang saya berikan untuk virus penyakit yang satu ini. HIV/AIDS merupakan penyakit yang mematikan bagi manusia, bahkan hingga saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi penyakit yang menyerang sistem kekebalan manusia itu.
Pengobatan hanya akan membantu Orang Dengan HIV/ AIDS (ODHA) untuk hidup lebih lama tetapi penyakit AIDS sendiri belum dapat disembuhkan tetapi dapat ditekan jumlah HIV dengan obat antiretroviral (ARV).

Apa bedanya HIV dan AIDS?

Orang yang baru terpapar HIV belum tentu menderita AIDS. Hanya saja lama kelamaan sistem kekebalan tubuhnya makin lama semakin lemah, sehingga semua penyakit dapat masuk ke dalam tubuh. Pada tahapan itulah penderita disebut sudah terkena AIDS.

Bagaimana cara penularan HIV?

  • Melalui cairan vagina atau sperma
  • Seks yang sering bergonta ganti pasangan
  • Penyimpangan seksual seperti: seks pra nikah, pelacuran dan homoseksual
  • Penggunaan jarum suntik bersama dari orang yang sudah terinfeksi HIV
  • Transfusi darah yang terkontaminasi dengan virus HIV
  • Dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya
Orang yang terinfeksi HIV biasanya dapat hidup bertahun-tahun tanpa menunjukkan tanda-tanda penyakit. Mereka mungkin tampak sehat dan merasa sehat tetapi dapat menularkan virus pada orang lain.



Powered by Blogger